Membangun Motivasi

Berhubung, minggu kemarin saya baru dapat materi kuliah tentang teori-teori motivasi. Sebelumnya saya juga sudah pernah belajar tentang Teori Motivasi di kuliah PSKE ( yang bukan anak TI, cari tau sendiri ya). Sebenarnya banyak sekali teori-teori motivasi yang dikemukakan oleh sesepu-sesepuh kita dalam bidang psikologi dan industri. Tapi saya ga akan membahas hal tersebut, soalnya ga ingat nama orangnya. Yang menarik bagi saya adalah ternyata orang dapat dimotivasi dengan reward maupun punishment. Kalo orang termotivasi karena reward, tentu kita sering melihat aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, yang menarik adalah orang juga bisa termotivasi karena adanya punishment. Sebenarnya aplikasi teori ini, sangat sering kita jumpai bahkan sangat dekat dengan keseharian kita.

Contohnya saja, dalam dunia perkuliahan. Seorang mahsiswa tentu akan berusaha untuk tidak terlambat masuk ke kelas jika dosen yang bersangkutan mengeluarkan peraturan kalau dosen sudah di dalam kelas, mahasiswa tidak boleh masuk. Pernah mengalami ga ?? Mungkin kita merasa, sang dosen terlalu strict, dan merasa ga adil. Kalo dosennya yang telat gimana? Namun, saya tidak akan meninjau hal tersebut. Yang saya tekankan adalah bahwa kita dapat memotivasi orang dengan menerapkan konsekuensi terhadap hal yang telah disepakati. Walaupun, persepsi dari orang yang dimotivasi akan berbeda-beda. Ada yang merasa biasa-biasa aja, namun ada pula yang merasa, “ih.. apaan sih??”.

Teori ini sebenarnya bisa kita terapkan pada diri kita sendiri. Misalnya aja, kalo telat bangun ni. Kita bisa menerapkan punishment pada diri kita sendiri seperti tidak menggosip di kelas. Namun kalo kita sendiri yang menetapkan, sulit menciptakan kontrol terhadap diri kita pribadi. Toh yang bikinkita, yang melaksanakan juga kita. Akan lebih baik, jika teori ini dipakai dalam suatu komunitas yang sistem kontrolnya lebih baik. Sehingga sistem punishment-nya benar-benar bisa dijalankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s