Beneran Lab Nuklir???

Jika teman2 mendengar kata Laboratorium Nuklir  yang terlintas dipikiran teman2 pertama kali apa sih?? Kalo saya berpikir bahwa lab nuklir itu lab yang paling berbahaya karena ada reaktor nuklir dan reaksi kimia di dalamnya, dan cerita tentang radiasi nuklir yang sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan  mutasi gen menjadi semakin menakutkan untuk dibayangkan.

Tahukah teman2 ternyata Lab Nuklir  S1 Fisika ITB seperti apa??? Saya memiliki teman dari jurusan fisika yang mengambil subjur Nuklir. Kami sangat akrab bahkan bisa dibilang seperti kakak adek (dia satu tahun lebih gede di atas saya). Karena dalam proses pengerjaan TA (baca : Tugas Akhir) teman saya sering sekali nongkrong diLab nya.

Suatu hari saya harus menemui dia diLabnya dan saya  kaget sekali ketika mengunjugi Lab Nuklir itu. Tahukah teman2, lab itu hanyalah ruangan seluas kira 3 x 6 m dan hanya diisi oleh meja dan beberapa perangkat komputer. Terus dengan polosnya saya bertanya, Lab nya mana uni? (teman saya orang minang juga dink;p). Dengan spontan, ia tersenyum, ya ini labnya. Loh….

Teman saya menjelaskan bahwa labnya memang fokus pada simulasi reaktor nuklir. Lagian ga logis donk, kalo dilakukan percobaan langsung dan ternyata percobaan gagal? Hmm..bener juga ya. Hah..sepertinya saya masih perlu banyak belajar.

Mungkin hal yang sama, ketika saya ditanya olah teman saya. Praktikum TI  (Teknik Industri) ngapain aja sih? Emang ada labnya ya?? Hohoho,… sekedar pemberitahuan, di TI ITB itu ada  lima lab lo. Dan kita punya praktikum yang namanya Perancangan Teknik Industri. Praktikumnya tentu saja tidak berhubungan dengan zat-zat kimia dan tabung reaksi, tetapi lebih kepada simulasi dalam apliksi TI di dunia nyata. Tentunya seru dan mengasyikkan, apalagi laporannya itu yang cuma 2 sks tapi memakan secara tidak berprike-eskaesan semua sks kuliah yang saya ambil.

Tapi,,walau sulit dan kadang menyebalkan but I really enjoy it. Ngerjain laporan ampe tengah malam, asistensi yang nunggunya lama banged, pengumpulan laporan yang dikejar deadline dan hal -hal yang surprise lainnya yang membuat saya merana, stress, marah sekaligus senang.

4 thoughts on “Beneran Lab Nuklir???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s