Aku Untuk Negeriku

Aku untuk negeriku. Kalimat yang mungkin memojokkan kita pada satu peran dengan tanggung jawab besar dan tidak bisa diemban oleh sembarang orang. Salah besar jika ada yang berpikiran demikian. Karena siapapun kita, dimana pun kita, kita bisa berbuat sesuatu untuk negeri ini, dalam bentuk apapun itu.

imagesAku percaya setiap orang adalah pahlawan. Setiap orang bisa menjadi pahlawan untuk dirinya sendiri, keluarganya, lingkungannya dan untuk negerinya. Bagi teman-teman muslim, tentu tak asing lagi dengan ayat Al Quran yang menyatakan bahwa tiap-tiap manusia adalah pemimpin dan setiap kepemimpinan akan dimintai pertanggungjawaban. Ya, kita adalah pemimpin, apapun peran kita. Ketika kita dengan sungguh-sungguh menuntut ilmu, meraih cita-cita maka kita telah berbuat sesuatu bagi diri kita, dan mungkin bagi negeri ini kelak. Ketika kita bisa menjaga diri dari tindakan yang merusak jasmani dan rohani kita, sebut saja seperti merokok, meminum minuman keras, ataupun menggunakan obat-obatan terlarang, telah memimpin diri kita ke arah yang benar. Dan kita telah menjadi pahlawan untuk diri kita. Karena aku untuk diriku.

Ketika negeri ini kekurangan orang-orang jujur, tentu saja kita dapat berbuat sesuatu. Jika aku adalah pelajar, maka aku tidak akan melakukan kecurangan dalam bentuk apapun hanya untuk mendapatkan tulisan angka yang bagus di atas kertas. Karena harga kejujuranku terlalu mahal hanya untuk ditukar dengan angka-angka itu.  Jika aku adalah orang tua dari anak-anakku maka aku akan mengajarkan mereka tentang kejujuran, bahwa aku tidak akan menyuruh mereka berbohong untukku, mengatakan aku tidak ada di rumah ketika rekan kerjaku menelepon. Dengan demikian aku berharap, suatu masa nanti, anak-anakku tidak akan menjadi pembohong, penipu dan koruptor-koruptor seperti banyak pejabat kita saat ini. Dan jika Tuhan memberiku kesempatan menjadi pejabat, orang yang berkuasa, aku tidak akan berusaha memanipulasi angka-angka itu hanya agar penghasilan bertambah dua atau tiga kali lipat, Karena aku takut memberi nafkah yang tidak halal untuk keluargaku.

images2Ketika aku dengan tertib bisa membuang sampah di tempatnya, menghemat pemakaian energi, mengurangi pemakaian barang-barang yang dapat merusak lingkungan, maka aku telah melakukan sesuatu untuk lingkunganku. Aku sadar yang kulakukan hanyalah hal-hal kecil yang juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena itu, kita semua bisa melakukannya. Bayangkan saja, jika semua orang di Indonesia ini, bisa membuang sampah pada tempatrnya, tidak akan ada daerah yang kebanjiran karena sampah yang menumpuk di sungai. Jika semua orang menjaga kelestarian hutan dan lingkugan, tidak akan terjadi longsor di manapun di belahan bumi Indonesia ini. Karena tahukah engkau teman, Tuhan pun telah menyatakan bahwa kerusakan yang terjadi di darat dan di laut adalah akibat ulah perbuatan tangan manusia.

sedekahKetika aku memperoleh rejeki yang berlebih hari ini, aku bisa berbagi dengan saudara-saudaraku yang kurang beruntung, dengan tetanggaku yang mungkin belum mempunyai apa-apa untuk di makan hari ini. Jika hartaku cukup, aku tidak akan lupa menyisihkan sebagiannya untuk aku sedekahkan. Bukankah, di dalam rejeki yang kita peroleh terdapat hak-hak orang lain yang membutuhkan? Apa alasanku untuk tidak berbagi, ketika Tuhan Yang Maha kaya berjanji akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik. Apa alasanku untuk tidak memberi, ketika orang yang bahkan lebih kekurangan dari diriku, masih rela untuk membantu sesama?

Tidak harus menjadi presiden untuk berbuat sesuatu untuk negeri ini. Tidak harus menjadi pejabat atau orang yang berkuasa. Kita tidak punya cukup waktu untuk menunggu, menunggu kau dan kita semua menjadi dewasa, berkuasa dan menjadi orang besar. Saat ini, detik inipun kita dapat melakukan sesuatu untuk Indonesia. Aku sangat mendukung prinsip 3 M dari Aa Gym, Mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini. Karena kita butuh perubahan yang nyata. Karena kita masing-masing punya potensi. Karena kita masing-masing adalah pahlawan. Karena manusia yang paling baik adalah manusia yang paling berguna untuk sesama. Karena tak ada satupun makhluk di dunia ini yang diciptakan Tuhan untuk kesia-siaan. Tak peduli siapapun kita, kita dapat manjalankan peran kita msing-masing, mengambil bagian dalam perubahan, karena aku untuk negeriku.

Sumber gambar :
http://hijaubatam.wordpress.com/2008/03/10/
http://picasaweb.google.com/lh/photo/_nwLsH6UaBElXX5pkJ99FQ
http://hasbimendez.blogspot.com/2008/08/sedekah.html –sedekah

12 thoughts on “Aku Untuk Negeriku

  1. Ainuddin says:

    Dengan demikian aku berharap, suatu masa nanti, anak-anakku tidak akan menjadi pembohong, penipu dan koruptor-koruptor seperti banyak pejabat kita saat ini.

    Ya betul sekali. Kita mengharap dengan amat sangat, semoga generasi yang lahir kemudian nanti di negeri ini adalah benar benar adalah para malaikat malaikat suci yang siap berkorban untuk bangsanya. Bukan siap mengorbankan bangsanya. Demikian komentar saya. Maaf, belum smepat komen banyak.

  2. budiernanto says:

    memberikan contoh yang baik lebih bagus ketimbang menyuruh berbuat baik..

    thx dan salam kenal..

    ————————————
    salam kenal juga (^_^)

  3. bocahbancar says:

    Wah kenapa ga ada halaman tentang penulis ya..

    padahal saya ingin berkenalan dan menjalin tali silaturahmi..

    Masukan saya tolong buat halaman tentang penulis ya..

    Salam…

  4. alwaysanita says:

    @dafitawon, puisi renungan, ainuddin, annas, miko, bocahbancar
    Wuaaaa..seneng dikunjungi temen2 baru..
    Salam kenal semuanya…(^_^)
    Maaf baru ngerespon…dan makasi buat komentarnya.
    —pengalaman pertama dapat komen sebanyak ini (>_^)—

    @ipangsan
    ups…maaf ya, shout mix-nya belom ada..
    maklum, blog ini masi culun jadi belom dikasi macem2..
    doain aja dalam waktu dekat tar dipoles2 dikit:D

    @bocahbancar
    uda ada mas…silahkan berkunjung:D

    @alka
    wah..seneng dirimu mampir lagi wlw diriku jarang mampir(>_<)
    iya al, nta ikutan, thanks to redi for the informations (^_^).
    Theme-nya mang baru nta ganti, biar lebih fresh:D

    @awan_clickerz
    Ummm…dapet drmana ya?
    Ga inget dink, kalo ga salah pernah baca darimana gitu:D
    Maaf kalo pernah ngutip dari orang lain.

    @budiernanto
    Yup…karena yang kita butuh adalah keteladanan.
    Salam kenal juga(^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s