Presentasi KP Ep.1

Jumat, 6 Nov kemaren hari yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang jg. Bukan karena hari itu ada yg special ato menggembirakan, tp karena hari itu saya akan presentasi laporan kerja praktek (KP) saya di Minas  beberapa bulan yang lalu.

Dan yg bikin tegang, saya akan presentasi di depan Pak Anas, dosen favorit saya belakangan ini. Dulu pas awal kuliah, beliau terkenal dengan disiplin dan “ketegaannya”. Tapi karena sudah sering diajar ma beliau, saya semakin kenal bahwa beliau dosen TI yg kuereeen abis.

Nah terus, ga ada alesan buat tegang kan, Nit??? Seharusnya sih gtu. Tapi…karena saya kurang yakin dengan metode pemecahan masalah KP yang saya gunakan, jadinya takut dibantai  ama ni dosen. Saya duduk di bangku dekat ruang dosen, menungu giliran untuk presentasi sambil berdoa.

Dan..waktu itupun tiba. Giliran saya…dengan bismillah saya melangkahkan kaki masuk ke ruang dosen sambil dengan laptop di tangan. Kita memang tidak presentasi dengan proyektor, cukup di depan meja kerja sang dosen saja.

Ketika saya menaruh laptop yang daritadi sudah nyala, saya melihat baterai laptop saya ampir mampus. Duh…permulaan yg tidak bagus. Sang dosen memperhatikan gelagat saya. Kenapa? tanya beliau. Lowbat pak, jawab saya. Oh, y uda colok sini aja. Colokan tersebut persis di dekat beliau duduk. Dengan tangan gemetar, saya berusaha memasang kabel charger laptop ke colokan. Duh, tangan saya ga  berhenti gemetaran, bapaknya liat ga ya?? Jeng..jeng..jeng…

Untungnya saya dipersilakan duduk di kursi di depan meja beliau. Beliau menanyakan nama dan mengambil laporan KP saya di mejanya yang penuh dengan laporan KP teman2 yg lain.

Trus beliau bertanya lagi “KP kamu dimana?”.

” Di Chevron-Minas, Pak!” jawab saya singkat.

“Oh, Chevron, sama siapa aj kamu?”

Karena pertanyaan si dosen, mulai nyantai, saya pun mulai tenang.  Saya menyebutkan dua orang nama teman saya lainnya yang juga KP di Chevron.

“Ada yang orang sana? ” beliau bertanya lagi.

“Ga ada pak, tapi saya orang Padang asli ” jawab saya.

“Udah kemana aja selama di Minas?”

“Hmmm..ke Duri, Pekanbaru….”

Belum selesai saya menjawab, bapaknya langsung menyela, “Oh, nyampai ke Duri? naek bus gratis itu?”

“Iya pak!”.

” Disana dikasi mess?”

” Iya pak!”.

” Makan di mess hall?”.

” Iya pak!”.

“Pake kupon makan itu?”

” Iya pak!”.

Jadilah presentasi KP saya, penuh dengan pertanyaan yang tidak saya sangka. Bused dah, ternyata tu dosen pernah ke Chevron jg. Beliau kemudian bertanya lagi, ” Jadi masalah KP kamu apa?”.

Saya pun menarik napas, berusaha menjelaskan dengan tenang, masalah KP yang saya hadapi. Penjadwalan multi proyek dengan multi resources. Saya baru tahu ternyata topik ini, menjadi tugas akhir mahasiswa TI angk 2005. Dan tentu saja algoritma penjadwalannnya jauh sekali dengan algoritma yang saya gunakan untuk menyelesaikan probelm KP saya. Dan saya sadar, yang saya lakukan jauh dari benar, tidak ada dasaar teori, tidak ada referensi. Metode yang saya gunakan, rule of thumb, berdasarkan logika berpikir semata. Dengan muka pasrah, saya siap diadili karena kebodohan saya, yang sok tau dan ngasal dalam memecahkan masalah KP seperti ini.

Trus, dengan nada bicaranya yang bijaksana, beliau berkata ” Topik KP kamu bagus. Ini bisa dilanjutin jd topik TA.”

“Ehhhh???”

“Gimana, tertarik buat ngelanjutin?”.

“Hmmm…gimana ya pak? soalnya ngambil datanya susah, jauh”. Sayapun berdalih.

“Oh gampanglah itu. Kan bisa lewat email. Kamu tahu ini topiknya TI banget. Kalo kamu mau ngelanjutin topik ini, kamu bakal menghemat waktu yag banyak buat ngerjain TA kamu…Kamu akan…bla bla bla.”

Si Bapak terus menasehati saya agar melanjutkan topik ini sebagai topik TA. Saya pun hanya bisa berkata, akan saya pertimbangkan, Pak. Setelah itu beliau mempersilahkan saya keluar.

Saya keluar dari ruang sang dosen dengan muka sumringah. 180 derjat berbeda dengan muka saya pas masuk..

Thanks God. You save me again and again. Saya benar2 plong, langkah kaki saya terasa ringan, dan dunia seakan ikut tersenyum..AHHHHHHH lebaaaaaaayyyy…..

Tinggal satu presentasi lagi, dengan dosen yang lain, Mr. Tota, chief of Industrial Engineering Study Program. Semangaaaaaaaaaadhhhh!!!!!!!!!

 

 

10 thoughts on “Presentasi KP Ep.1

  1. jo says:

    mbak saya mau tanya..

    kemaren mbak ngirim proposal ke cbhevron bulan berapa??

    trus surat konfirmasi diterima untuk kerja praktek bulan berapa ??

    thx

  2. alwaysanita says:

    @Jo..
    Kalo ga salah awal bulan maret mas..
    trus konfirmasinya baru pertengahan juni…
    saran saya, kalo uda dikirim, rajin2 ditelepon aja HR-nya, buat nanya kepastian diterima ato ga…

  3. vin says:

    maaf mbak aku mo nanya donk..
    pas KP di Chevron itu dari awal di proposal sudah nentuin judul atau judul KP disesuaikan sama observasi di lapangan.
    tolong dijawab
    thanks

  4. anita says:

    @vin: bukan judul jg sih, kalo di proposal lebih ke arah topiknya apa..
    tp saya akhirnya topiknya malah ga sesuai dgn proposal, lebih tergantung kebutuhan di lapangannnya apa.

  5. vin says:

    Ohh gt yaah ka..
    Oke de thanks for reply 😉
    Aku mau nyoba KP tp yg di jkt ka.doain yaa mudah2an keterimaa 😀

  6. kara says:

    wahhh,, besok mau persentasi KP jg,
    habis baca curhat di atas
    jd sdikit berimajinasi kira” gmn hasilnya besok??!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s