Pentingnya bercita-cita…

Sebenarnya uda lama tulisan ini saya tulis..trus td pas bongkar2 file laptop..nemu deh ini. Pertama baca, saya kaget juga, ni bener saya yang tulis? hahaha..just check this out!!!

Konon ada cerita, dimana terdapat 2 orang yang sekarat dan diprediksi akan meninggal dalam waktu dekat. Satu-satunya jalan untuk mencoba usaha penyembuhan adalah dengan melakukan operasi yang kemungkinan berhasilnya sangatlah kecil. Walaupun, kondisi kedua pasien, bisa dikatakan tidak jauh berbeda (dengan kata lain kedua pasien tidak memiliki harapan hidup yang lebih besar dari yang lain), ditangani oleh dokter dan rumah sakit yang sama dengan fasilitas dan alat pendukung operasi yang juga sama, ternyata salah satu pasien dapat melewati operasi dengan sukses  dan lolos dari kematian sementara  yang satunya meninggal ketika menjalani operasi.

Tahukah teman, apa penyebab kematian salah satu pasien tersebut? Di luar konteks bahwa itu adalah takdir, satu hal yang menarik adalah ternyata pasien yang selamat dari kematian tersebut ternyata memiliki motivasi untuk hidup yang sangat besar dari dalam dirinya. Bahwa ia tidak ingin meninggal di kamar operasi itu, masih banyak yang ingin ia lakukan, masih banyak perkerjaan yang belum ia selesaikan dan masih banyak orang yang menunggu dan mengharapkan kehadirannya di dunia. Bahwa dunia masih membutuhkannya dan pasien itu sendiri merasa tugasnya di dunia beluim selesai.

Sementara, pasien yang malang satunya, saat ia hidup tidak pernah memiliki semangat untuk berkarya. Ia merasa kehadirannya di dunia tidak ada artinya karena ia memang tidak membuat dirinya berarti. Dunia tidak membutuhkannya dan ia tidak pernah berusaha membuat kehadirannya  di dunia menjadi berguna. Diceritakan pula, bahwa cita-cita, mimpi dan tujuan hidup pasien yang selamat itulah yang membuat dia bertahan melalui operasi yang sangat berisiko tersebut. Bahwa, harapan dan cita-citanya mampu untuk mengalahkan takdir sehingga ia masih bisa diberi kesempatan untuk hidup, menyelesaikan apa yang telah ia mulai.

Mungkin cerita di atas tampak hiperbolis, tapi apa yang bisa kita tangkap adalah harapan dan tujuan hiduplah yang mampu mendorong kita untuk terus bertahan, melewati setiap persoalan,  rintangan, onak dan kerikil tajam yang kerap menghalangi jalan kita. Karena di ujung sana, kita melihat cahaya harapan telah menanti. Tak peduli betapa jalan ini begitu berliku, betapa sakit dan lelah raga ini berjuang namun karena kita punya sesatu yang hendak kita raih dan kita begitu  menginginkanya maka semua luka, sakit dan lelah seakan tak pernah ada.

Karena itulah kawan, bukan besok, lusa atau minggu depan, bulan depan atau bahkan tahun depan, tapi sekarang, saat inilah kita akan berpikir tentang cita-cita, berpikir tentang apa yang aku mau, ingin menjadi apa dan siapa aku nantinya. Ingin dikenang sebagai siapa aku,  ketika telah meninggalkan dunia ini. Apa yang ingin kuberikan pada diriku, keluargaku, lingkunganku, negaraku. Jejak apa yang akan kutinggalkan sebagai pertanda bahwa aku pernah ada. Mulai detik inilah, kita akan merancang peta hidup kita, menentukan kemana arah hidup ini akan kita bawa. Karena kita tidak pernah tahu kapan nyawa ini akan diambil Pemiliknya. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah berencana karena dengan itu kita punya arah. Karena dengan rencana hidup itulah kita akan memetakan nikmat umur yang diberikan Sang Maha Kuasa. Bercita-citalah kawan, karena dengan begitulah masa depanmu dibentuk.

Take time to think, it is the source of power.
Take time to read, it is foundation of wisdom.
Take time to quiet, it is the opportunity to seek God.
Take time to dream, it is the future made of.

Take time to pray, it is the greatest power on earth.
Because….what we do in life, echoes in eternity..

(*diadaptasi dari berbagai sumber)

One thought on “Pentingnya bercita-cita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s