Utopia, What does it mean?

Barusan baca notes dari seorang teman di FB. Saya menemukan bahasa-bahasa tingkat tinggi dalamnya, khas seorang jurnalis (Dia emang kerja sebagai jurnalis dan reporter ;-red). Di dalam tulisannya itu pula saya menemuka nberbagai macam “kata-kata sulit” atau biasa kita kenal dengan “istilah” ketika belajar Bahasa Indonesia.

Yap, kata sulitnya adalah UTOPIA. Hayo, tunjuk tangan, siapa yang udah tahu makna kata dari Utopia? Sejujurnya kata ini bukan pertama kali saya dengar. Toh, salah satu band Indonesia juga bernama “Utopia”. Tapi  begonya saya ga pernah bertanya ataupun mencari tahu, sebenarnya utopia itu apa. Pantesan, Indonesia kurang ilmuwan, banyak yang curiosity-nya dipadamkan dengan alasan kemalasan. That’s me, exactly -;p.

Dari tulisan dia yang saya tangkap “utopia” itu maknanya angan-angan atau sesuatu yang tidak mungkin untuk dicapai. But, for the sake of curiosity (meminjam istilah salah satu teman -;d), akhirnya saya pun membuka KBBI (versi pdf -;red) dan mulai mencari kata Utopia.  Dan inilah arti utopia menurut KBBI.

utopia n 1 nama pulau impian yg dilukiskan dl buku berjudul Utopia, diterbitkan oleh Sir Thomas More tahun 1516; di pulau itu dibayangkan adanya sistem sosial politik yg sempurna; 2 utopi

Hooo…Utopia itu ternyata nama sebuah pulau. Tapi bersinonim dengan utopi. So, what is it utopi? Let’s check this out.

utopi n sistem sosial politik yg sempurna yg hanya ada dl bayangan (khayalan) dan sulit atau tidak mungkin diwujudkan dl kenyataan yg sebenarnya

Begitulah ternyata, kisah seorang Utopia. Tidak terlalu jauh dari tebakan saya -;p.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s