Insiden Kick Andy vs Tatty Elmir

Benar-benar berita yang cukup mengejutkan bagi saya. Awalnya saya mengetahui insiden pengusiran penonton di taping Kick Andy (KA) melalui twitter. Saya memang salah satu followernya @KickAndyShow. Saya juga salah satu fans acara Kick Andy, bahkan walaupun tidak sempat nonton di TV saya akan meluangkan waktu untuk menonton videonya di situs metro TV. Saya yakin banyak yang setuju bahwa acara KA telah menjadi semacam pencerahan di tengah berjibunnya acara-acara televisi yang tidak mendidik bahkan justru membodohi masyarakat. Tema-tema  yang diangkat di KA sedikit banyak telah menginpirasi saya dan juga jutaan penonton lainnya (yang menonton dengan hati – tagline Kick Andy). Oleh karena itu acara ini menjadi salah satu tontonan wajib bagi saya.

Hingga Jumat malam kemaren, saya cukup kaget mengenai berita yang ditulis di akun resmi KA Show. Akun tsb mengumumkan bahwa Andy F. Noya akan mengklarifikasi insiden pengusiran penonton yang terjadi pada saat taping (proses rekaman) salah satu tema yang akan diangkat di KA. Sekilas membaca berita lewat twitter tersebut, saya terus terang tidak begitu tertarik. Paling penonton yang tidak diundang, atau membuat keributan selama proses taping. Not care about it too much. Hingga barusan melalui twitter juga, KA Show memberikan link dimana Andy Noya menuliskan tanggapannya terhadap insiden pengusiran tersebut. Yang penasaran bisa baca disini.

Dalam tulisannya tersebut, Andy menyatakan bahwa seorang penonton mengakui telah diusir dalam salah satu proses. Si penonton juga melayangkan berbagai tuduhan dan kritikan terhadap acara KA dan sang host-nya sendiri, Andy F. Noya. Oh, tulisan yang begitu panjang ditulis Bung Andy di Andy’s Corner. Ada 21 poin  yang beliau sampaikan dalam tulisan tersebut. Hingga poin ke-9 saya dengan naif-nya langsung memvonis si penonton, menganggap penonton tsb kurang dewasa dan terkesan emotional. Tentunya saya membela Bung Andy, karena pembawa acara sekelas beliau pasti punya alasan kuat untuk melakukan pengusiran di depan 500-an penonton lainnya yang hadir pada saat acara taping tsb.

Namun, rasa penasaran membuat saya pengen membaca langsung blog yang ditulis oleh ‘orang yang terusir’ itu . Dan saya kaget, langsung mengucap “Astaghfirullah”, ternyata penonton terusir tersebut adalah ibu Tatty Elmir.  Anak UKM ITB pasti kenal dengan beliau. Walaupun tidak kenal secara personal dengan Bunda (begitu kami memanggil beliau – red), namun saya pertama kali bertemu Bunda di acara LKO  (Latihan Kepemimpinan dan Organisasi) yang diadakan UKM ITB. Saat itu beliau menjadi salah satu pembicara. Saya samar-samar ingat wajah dan perawakan beliau. Cara Bunda berbicara benar-benar membuat kami sebagai peserta terkesima. Dan saya juga baru tahu, kalo ternyata Ibu Tatty adalah mamanya Ni Jetsi. Ow… ini membuat saya lebih terkaget-kaget lagi.

Setelah membaca tulisan Bunda Tatty tentang pengusiran tersebut, saya merasa bersalah karena terlalu cepat menilai orang lain. Saya memaklumi alasan Bunda, terhadap kritikannya kepada Bung Andy. Saya juga sadar Bung Andy memang kerap mengeluarkan joke yang agak ‘nakal’ ketika mewawancarai narasumbernya. Dan jika memang begitu adanya seperti yang dituliskan oleh Bunda maka saya juga merasa kecewa dengan Bung Andy. Lalu karena tidak ingin  berlaku tidak adil terhadap kedua pihak *sok-sok pengen berlaku adil*, maka saya melanjutkan membaca tulisan Bung Andy hingga poin terakhir. Saya juga membaca tanggapan-tanggapan yang masuk di blog Bunda maupun di situs KA. Masing-masing pihak ada yang mendukung dan mengkritik.

Saya juga tidak bisa memutuskan siapa yang salah dan benar hingga menonton langsung versi yang akan ditayangkan di TV, karena menurut Bung Andy sendiri rekaman acara tersebut pastinya akan mengalami proses pengeditan. Hal-hal yang dianggap oleh Bunda tidak pantas untuk di-explore mungkin saja memang tidak ditayangkan. Terus terang, saya prihatin melihat dua orang yang saya kagumi, bersalah paham seperti itu. Beliau orang-orang hebat dan saya percaya keduanya memiliki itikad baik untuk kemaslahatan orang banyak. Seperti komentar salah satu penonton KA, saya harap permasalahan ini bisa dibicarakan baik-baik, bertatap muka dengan kepala dingan, hati yang jernih dan mengesampingkan ego masing-masing. Tidak kekanak-kanakan dengan saling melakukan pembelaan diri maupun tudingan melalui internet. Cukup sudah masyarakat kehilangan banyak tokoh teladan, dengan perilaku mereka yang tidak pantas. Dan sungguh saya tidak ingin memelihara rasa ‘ilfil’ ini lama-lama, baik terhadap Bunda maupun Bung Andy. Ayo Bung Andy, Ayo bunda Tatty tunjukkanlah kalian memang orang-orang yang berjiwa besar.

Advertisements

15 thoughts on “Insiden Kick Andy vs Tatty Elmir

  1. lucky says:

    yah..tapi aneh..klo gw baca di blog ibu Tatty,napa kok yg mendukung semua yg ditampilkan secara banyak temen2 jg yg mencoba berpikir lurus (tdk memihak) bahkan mengkritik ga ada yg ditampilkan…aneh…berarti ????

  2. Kiki says:

    comment aku di blog ibu Tatty yg berupa pertanyaan2 yg bukan kritik tp hanya merupakan suatu pendapat pun sampai skr masih berstatus “Your comment is awaiting moderation.” Banyak sekali teman2 yg mempost comment disitu juga bernasib sama. Hal itu memunculkan tanda tanya besar, apakah benar beliau bijaksana?

  3. pinturizky says:

    ibu Tatty Elmir itu bukan sodaranya Papanya Jetsi, tapi emang Mamanya Jetsi, makanya nama belakangnya sama :D.. jadi Om Elmir dan Bu’e Tatty Elmir suami-istri *komensayagapenting 😀

  4. viersy says:

    aku juga kaget komentarku (yang berusaha untuk melihat dari dua sisi) juga belum tampil, kirain aku sempet kelupaan untuk klik post comment
    apakah ini hanya untuk menggalang simpati aja?
    melebih-lebihkan masalah yang seharusnya bisa diselesaikan tanpa membuat polemik.

  5. yao says:

    waaahhh…..ternyata sama dong…komen saya yang tidak memihak juga masih awaiting moderation…..hmm…hmmmmm

  6. elang says:

    Komen saya kena moderasi juga oleh beliau tapi saya berbaik sangka saja. Beliau belum sempat buka blognya karena sudah nggak marah…

  7. tedong says:

    Hari ini, pk. 11:32. Thanks to Anita, I’ve read all your blog starting from 09:14. Sampe About Me nya juga. (He, he. ternyata, about me nya ditulis lama setelah blog pertamanya.) Thank you untuk semua tulisannya. (emang sebenarnya saya yang gemar membaca, bukan bagus atau nggak tulisannya ha, ha, ha….) Ini gara-gara googling tentang Kick Andy dan kemelutnya kemarin, terus nemu blog bagus ini, terus di bookmark, tadi pagi mulai baca. Ok, Anita, keep writing. A lot of persons read your blog…….

  8. alwaysanita says:

    @tedong: waaaaaa…saya terharu, ada yg ngebookmark blog saya;-p terus dibaca semua lagi…(^_^)
    emang sebenarnya saya yang gemar membaca, bukan bagus atau nggak tulisannya ha, ha, ha…-ya percaya ko, orang kurang kerjaan mana yg mo baca blog yg nulisnya ga bagus, nahlho-:P
    okay…makasi ya..rajin2 aja mampir:D

  9. tedong says:

    Anita, nulis lagi dong. 20 days pass since your last blog. Sering-sering ya, bikin tulisan yang enak dibaca. Thanks.

  10. Zoromalik says:

    Saya sudah dengar ceritanya sendiri dari bunda, soal insiden itu, yang intinya adalah bunda tidak setuju dengan cara penyampaian pesan dari nara sumber (yang mengekspos tentang pelacur anak anak). Saat itu bunda hanya tidak setuju karena cara nya menyampaikan pesan adalah dengan mengekspos kehidupan nya yang bergelimang harta dan hidup bahagia dengan kegiatan nya.

    Dan setuju dengan kata kata bunda, bagi saya masyarakat tidak siap jika informasi di sajikan dalam bentuk seperti itu, karena bisa saja malah menjadi daya tarik untuk orang orang agar ikut menjadi pelacur anak anak.

    Beberapa cuplikan sudah tidak jadi tayang karena saran bunda, menghindarkan pemirsa dari salah tafsir , namun untuk saran yang kedua kali nya, saran tidak di setujui dan bunda pun malah di usir.

    Saya kenal baik dengan beliau, beliau bukan lah orang sembarangan yanf bikin ulah di tengah acara, pikirkan kembali dengan prestasi prestasi dan gerak gerik beliau, bahwa sangat tidak mungkin kalau beliau itu reaktif dan berperilaku buruk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s