Air Terjun Nyarai : Emerald Waterfall

Libur satu minggu dari hiruk pikuknya Jakarta tak mau saya lewatkan begitu saja. Jauh-jauh hari saya sudah menginfokan kepada teman-teman perihal kepulanganku ke Padang. Mario mengusulkan kami untuk trip ke Air Terjun Nyarai yang katanya bagus pake banget. Dan berbekal google saya pun menemukan sebuah blog (lubuak-aluang.blogspot.com) yang memuat tempat- tempat wisata di Lubuk Alung. Salah satu tempat yang kelihatan amazing dari fotonya adalah Air Terjun Nyarai ini. Nih… Bikin mupeng kan? *ini foto polos tanpa editan.

nyarai1
Lubuk Alung merupakan ibukota Kabupaten Padang Pariaman. Air terjun Nyarai sendiri berada di jorong Garaman, Lubuk Alung dengan jarak tempuh kira-kira satu jam dari Bandara Internasional Minangkabau. Untuk mencapai ke posko Air terjun Nyarai, memang lebih mudah dengan mobil pribadi.

Tapi hari itu saya dan teman-teman sepakat untuk naik transportasi umum karena letaknya yang tidak begitu jauh dari Padang. Saya berangkat dari rumah saya di Ombilin dengan travel dari Jambi. Lalu kami janjian bertemu di Simpang BLKM Jambak. Karena bingung naik apa ke dalam, saya pun meminta travel kami mengantar ke dalam. Dari hasil tanya warga sekitar, jaraknya hanya sekitar 5 km menuju posko Air Terjun Nyarai. Tapi setelah mengalami sendiri, ternyata cukup jauh sekitar 10 km mungkin.

Ketika sampai di posko, sudah ada bapak-bapak yang menyambut kami, lalu kami diantar ke sekretariat, mendaftar, bayar 20 ribu untuk HTM dan guide. Di depan posko, terpampang baliho yang mengambarkan rute perjalanan yang akan kami tempuh.

nyara_1ed

Kami sangat excited karena foto Air Terjun Nyarai telah memanggil-manggil. Walaupun agak khawatir dengan medan perjalanan yang akan ditempuh, saya meneguhkan hati. Udah sampai kesini. Harus bisa. Apalagi ada guide, insya Allah semuanya lancar dan pulang kembali dengan selamat.

Perjalanan yang sangat melelahkan. Setengah jam pertama kami sudah ngos-ngosan, akibat sudah jarang berolahraga. Terakhir kali saya trekking adalah saat mendaki bukit di belakang desa saya di Halmahera Selatan bersama anak-anak. Itu pun juga dua jam, dengan kondisi semua barang bawaan saya dibawakan oleh anak-anak. Sekarang, dengan tas punggung yang cukup berat, medan yang penuh tanjakan, kaki lecet, sepatu diseret (seperti nyanyian waktu di Kopasus-:p), dan panas yang menyengat membuat setiap langkah begitu berat. Kami sempat istirahat tiga kali sepanjang perjalanan. Mulai trekking pukul 09.10 dan kami pun sampai pukul 11.00. Cukup hebat bukan?

Seperti kata temanku, lelah ini akan tergantikan ketika kami sampai di tujuan nanti. Dan benar adanya. Melihat secara langsung pemandangan yang sebelumnya saya lihat di foto- foto di internet, benar-benar amazing!! View yang saya lihat dengan kasat mata, sama indahnya dengan foto-foto yang beredar di internet. Inilah yang disebut dengan kemewahan alam. Kelelahan yang mendera selama 2 jam tadi, menguap begitu saja ketika saya menceburkan kaki ke dalam dinginnya air terjun. Very refreshing and relaxing!!

nyarai_3

Setelah puas mandi, terjun dari batu dan foto dengan berbagai pose dan sudut, perut kami pun mulai keroncongan. Ah, sudah lama tidak merasakan nikmat seperti ini. Makan di tengah batu besar di kerumuni hijaunya pepohonan dan backsound alunan suara air mengalir. It’s just too perfect. Seusai makan? Ya mandi-mandi lagi;) Air sungai yang bewarna hijau emerald begitu menggoda pengen diceburin.

Hal-Hal yang nikmat memang terasa cepat berlalu. Waktu sudah menunjukkan jam setengah 2. kami pun merapikan barang-barang, foto-foto lagi (teteuppp:-p) dan melanjutkan perjalanan pulang. Terbayang 2 jam yang melelahkan dan penuh keringat lagi. Tapi entah kenapa setelah mandi, langkah terasa ringan. Jalan kami lebih cepat bukan hanya karena medan yang menurun tapi karena kepuasan yang kami dapatkan. Ah, jadi beginilah yang dirasakan orang-orang yang biasa naik gunung. Perjuangan memang ketika berusaha mendaki ke atas, apakah kita akan menjadi quitter, camper atau climber! Dan hari ini kami telah menjadi climber!! Cheers!!!